Inilah Persyaratan Dokumen CPNS Kemendikbud! Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kesempatan kepada pemuda atau pemudi. Kesempatan untuk mengabdi kepada Negara dan Pemerintah Pusat dan atau Daerah sebagai pegawai negeri sipil. Seleksi dilakukan sesuai formasi tenaga kerja yang dibutuhkan.

Menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan), maka seleksi dilakukan secara transparan. Kepada para CPNS untuk mengikuti regulasi administrasi yang sudah ditetapkan dan tidak diperkenankan melalui pihak ke-3. Formasi pegawai negeri sipil dibuka sesuai dengan penempatan dan jumlah kebutuhan SDM.

persyaratan dokumen CPNS Kemendikbud
persyaratan dokumen CPNS Kemendikbud

Berkas penunjang Persyaratan Dokumen CPNS Kemendikbud

Penerimaan CPNS Kemendikbud harus mengikuti prosedur administrasi sebagai persyaratan dokumen CPNS Kemendikbud. Adapun proses seleksi berdasarkan 3 (tiga) aspek, yakni  pengisian formulir, berkas administrasi, dan seleksi ujian CPNS. Diharapkan partisipasi aktif dari para peserta CPNS untuk mengikuti seluruh proses penerimaan PNS.

Beberapa syarat CPNS Kemendikbud secara administratif yang wajib dipenuhi, yakni : batas usia, pendidikan, jurusan, formasi posisi, dan lainnya. Perspektif tersebut perlu mendapat perhatian dari peserta CPNS dengan tidak menambah / mengurangi syarat yang sudah ditetapkan. Para pelamar PNS diminta untuk menulis surat lamaran dengan tulisan tangan.

Pengisian formulir sebagai Persyaratan Dokumen CPNS Kemendikbud

Formulir pengisian dan syarat dokumen bisa diperoleh melalui media online atau melalui situs Kemendikbud. Harap perhatikan dan cermati secara seksama petunjuk online pengisian Persyaratan Dokumen CPNS Kemendikbud. Pengisian data perorangan atau individu harus sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) termasuk nama, gelar, dan ragam lainnya.

Kalau sudah lengkap dan sesuai prosedur, maka lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan tidak terjadi kekeliruan. Proses pengisian formulir PNS online dan surat lamaran dengan tulisan tangan beserta dokumen CPNS Kemendikbud. Proses seleksi dan pemeriksaan berkas pelamar akan memakan waktu 7 (tujuh) hari yang bekerja siang dan malam.  simak juga tentang syarat pendaftaran CPNS Kemenhumkam

Berkas administrasi

Pemeriksaan berkas administrasi sebagai Persyaratan Dokumen CPNS Kemendikbud berjalan selama 7 hari masa kerja. Para admin akan memeriksakan berkas CPNS dari para pelamar dan divalidasi supaya tidak ada hal yang terlewatkan. Hasil dari seleksi administrasi akan dikeluarkan 3 (tiga) hari kemudian yang kelak diumumkan melalui situs web resmi.

Kepada para pelamar CPNS Kemendikbud untuk senantiasa memperhatikan dan mencermati pengumuman resmi yang dikeluarkan. Pihak Kemendikbud tidak bertanggung jawab atas pengumuman non resmi yang dikeluarkan pihak yang tidak bertanggung jawab. Silahkan dipersilahkan melaporkan kepada kami apabila menemui hal-hal tersebut di atas.

Seleksi ujian CPNS

Seleksi Dokumen CPNS Kemendikbud terdiri dari beberapa bagian, yakni : administrasi dan seleksi ujian nasional CPNS. Tahapan ujian seleksi CPNS dilakukan pasca para pelamar dinyatakan lolos berkas administrasi. Ruang dan tempat beserta jadual akan diberitahukan kemudian melalui pengumuman resmi pada situs web Kemendikbud.

Hasil ujian seleksi CPNS akan diumumkan 30 hari kemudian melalui laman resmi situs Kemendikbud. Tahapan selanjutnya yakni tes wawancara dan kesehatan yang wajib diikuti para pelamar yang sudah melewati model ujian sebelumnya. Apabila semua tahapan sudah berhasil dilewati dan lulus secara keseluruhan, maka pemberkasan dokumen dilakukan ulang.

Kiranya para pelamar CPNS mencermati Persyaratan Dokumen CPNS Kemendikbudvia laman resmi online. Para pelamar yang lolos seleksi dan diterima menjadi PNS wajib menjalankan aktifitasnya negara minimal selama 5 tahun. Apabila peserta yang bersangkutan mengundurkan diri sebelum 5 tahun, maka wajib membayar denda sebesar Rp 10 Juta.